PROFILE JURUSAN

1. Sejarah Singkat

Sejalan dengan perkembangan IKIP Padang yang kini telah menjadi UNP, Jurusan Teknik SIPIL FT UNP pun memiliki sejarah perkembangan yang cukup panjang. Jurusan ini mulai berdiri tahun 1965 dengan nama Jurusan Teknik Sipil di bawah Fakultas Ilmu Keguruan Teknik (FKIT) IKIP Padang, dengan Prodi  Teknik Arsitektur (Sarjana Muda) dan Teknik Sipil (Sarjana Muda). Tiga tahun kemudian, tahun 1968, Prodi Teknik Arsitektur ditutup, lalu dibuka Prodi Pendidikan Teknik Bangunan (Sarjana Muda) sebagai gantinya.

Tahun 1979 terjadi perubahan yang cukup mendasar.  FKIT berubah menjadi FKT dengan tugas utama mencetak guru-guru S1 Sekolah Teknik Menengah untuk ditempat di seluruh wilayah Indonesia. Program ini didukung oleh Bank Dunia. Maka jurusan ini pun berganti nama menjadi Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan dengan satu Prodi yaitu Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan.

Tahun 1996, dengan SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 1499/1996 tanggal 20 Juni 1996, IKIP Padang dipercaya mengemban tugas perluasan mandat untuk menyelenggarakan dan mengembangkan Program Studi Non Kependidikan disamping tetap menyelenggarakan dan mengembangkan program kependidikan, maka Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan membuka Prodi D3 Teknik Sipil.

Pada tahun 1999 IKIP Padang dikonversi menjadi Universitas Negeri Padang (UNP) berdasarkan Kepres No. 93 tgl 24 Agustus 1999, nama fakultas berubah dari FPTK menjadi FT, dan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan pun berganti nama menjadi Jurusan Teknik Sipil. Pada tahun 2001, dibuka Prodi D3 Teknik Pertambangan. Dengan demikian, sekarang ini Jurusan Teknik Sipil FT UNP ini mengelola tiga Prodi yiatu:

  1. Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Akreditasi B
  2. Prodi D3 Teknik Sipil, Akreditasi B
  3. Prodi D3 Teknik Pertambangan, Akreditasi B

Dalam perjalanannya lima tahun terakhir ini, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil berhasil mendapatkan Dana Hibah Kompetisi, yaitu Semi Que (2 tahun), dan Hibah A1 (2 tahun), yang telah berhasil meningkatkan PBM serta mutu lulusan.

Dalam hal manajemen pengelolaan,  tahun 2008, Jurusan Teknik Sipil FT UNP telah mendapatkan sertifikat ISO 9001-2000. Artinya, Jurusan ini telah dikelola dengan manajemen yang diakui secara standar internasional, meliputi semua aspek, terutama PBM (Proses Belajar Mengajar).

Saat ini, alumni jurusan ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan juga di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Brunai, Singapura, dan Jepang. Diantara posisi yang telah diraih alumni antara lain Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, Direktur Politeknik, Kontraktor Level Nasional & Internasional, Ketua LPJK Daerah, dll.

2. Visi, Misi, dan Tujuan

Visi :

Menjadi jurusan yang unggul (center of excellence) dalam menghasilkan tenaga kependidikan teknik bangunan,  tenaga ahli madia teknik sipil, dan tenaga ahli madia teknik pertambangan yang berwawasan global dengan berpijak pada pilar-pilar keilmuan, etika,  profesionalisme.

Misi :

a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang teknik sipil dan bangunan serta bidang teknik pertambangan

b. Mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu teknik bangunan/sipil dan teknik pertambangan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Tujuan :

Menghasilkan calon tenaga kependidikan (guru/instruktur) berkualifikasi sarjana pendidikan teknik bangunan untuk SMK atau balai pelatihan kerja.

  1. Menghasilkan calon tenaga kerja industri berkualifikasi ahli madia bidang teknik bangunan/sipil atau teknik pertambangan.
  2. Menghasilkan karya inovatif bagi pengembangan pendidikan teknik bangunan, teknik bangunan/sipil, atau teknik pertambangan.

3. Arah Pengembangan Jurusan

Arah Pengembangan Jurusan Teknik Sipil pada umumnya mengacu pada Renstra  UNP 2007-2011 dan Renstra Fakultas Teknik. Sedangkan fokus pengembangan terkait langsung dengan misi, visi, tujuan, serta kondisi internal dan eksternal jurusan.

Fokus pengembangan:

1)     Peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan melalui pembenahan struktur organisasi dan tata kerja jurusan, pengembangan sumber daya pendukung, dan pembakuan prosedur operasional pengelolaan.

SUMBER DAYA PENDUKUNG

1. STAF PENGAJAR

Jurusan Teknik Sipil FT UNP memiliki jumlah staf pengajar yang cukup, yakni sejumlah 49 orang, terdiri atas 6 orang berkualifikasi S3 (satu diantaranya berjabatan akademik Guru Besar), 28 orang berkualifikasi S2 (satu diantaranya sedang studi S3), dan 15 orang berkualifikasi S1 (9 orang diantaranya tengah menempuh pendidikan S2). Para staf pengajar ini merupakan insan terdidik dan ahli di bidangnya, serta telah berpengalaman dalam mengajar dan mendidik.

2. SARANA PRASARANA

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, Jurusan Teknik Sipil didukung oleh sarana yang sangat memadai. Gedung kuliah permanen yang sangat layak, nyaman, menggunakan AC dan penerangan yang standar internasional. Lokal kuliah juga dilengkapi dengan akses internet. Disamping itu, terdapat lima laboratorium dengan peralatan yang lengkap yakni:

1) Laboratorium Konstruksi;

2) Laboratorium Plambing & Sanitasi;

3) Laboratorium Gambar, Survey, dan Komputer;

4) Laboratorium Bahan, Mektan, dan Jalan Raya;

5) Laboratorium Tambang.

Sarana ini dilengkapi lagi dengan sebuah Perpustakaan Jurusan, dua buah Ruang Sidang yang digunakan sebagai tempat pertemuan dosen, mahasiswa, dan sebagai tempat berseminar. Juga terdapat sebuah Mushalla serta tempat wudhuknya, yang merupakan hasil praktek mahasiswa.

Gedung-gedung ditata pembangunannya dengan baik, dilengkapi dengan taman yang nyaman, bangku-bangku taman. Di areal ini, mahaswa dapat menyalakan laptop dengan fasilitas wireless, gratis.

Untuk mendukung PBM, Jurusan Teknik Sipil telah memiliki 8 LCD dan 8 Laptop yang digunakan semata-mata untuk mencapai hasil perkuliahan yang sebaik-baiknya. Juga tersedia dua komputer khusus bagi mahasiswa untuk mencari data atau informasi lewat internet.

8 responses to “PROFILE JURUSAN

  1. apakah teknik pertambangan unp bakal ada S1???

  2. TEKNIK SIPIL UNP THE BEST.,

  3. MUHAMMAD ALYADI

    SAYA HARAP BISA DI TERIMA DI FAKULTAS TEHNIK SIPIL UNP INI MELALUI JALUR SPMB 2013

  4. mudah2han allah swt,mengabulkan do’a saya,untuk mendAPATKAN BEASISWA S2 dan mengabdi di jurusan tercinta ini,TEKNIK SIPIL………..AMIN

  5. teknik sipil UNP yang terbaik dan terlengkap.

  6. saya harap dengan segala fasilitas yang ada mampu menjadikan lulusan ayng lebih bermutu yang pada akhirnya jurusan ini akan menjadi jurusan yang terbaik baik di tingkat universitas maupun nasional

    semoga saja……….

  7. Saya pengen masuk teknik sipil,tapi saya tamatan smk jurusan otomotif,kira2 susah gak ya memulai dari nol atau awam dengan teknik sipil

  8. Mau nanya admin…di laboratorium bahan dan laboratorium konstruksi alat2 apa saja yang dimiliki ya di UNP?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s